Penerapan Metode Fuzzy Mamdani untuk Memprediksi Angka Penjualan Token Berdasarkan Persediaan dan Jumlah Permintaan pada PT. PLN (Persero) Padang Berbasis WEB

Authors

  • Devia Kartika Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rini Sovia Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Hoka Muhgrah Sandawa Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v5i1.8

Keywords:

PHP (Hypertext Prepocessor), Sales, supplies, Request, Fuzzy Mamdani Method

Abstract

Listrik merupakan kebutuhan pokok untuk berbagai aktivitas manusia, yang kemudian digunakan untuk berbagai fungsi di masa depan. Dalam mekanisme saat ini PT. PLN menerapkan sistem kelistrikan pintar meteran (token) prabayar. Dalam menentukan jumlah penjualan token dikembangkan dengan menerapkan metode Fuzzy Mamdani. Tujuan yang dicapai adalah untuk memprediksi angka penjualan token berdasarkan data penawaran dan permintaan. Pada proses fuzzy, input dibagi menjadi 2 variabel yaitu supply dan demand. Himpunan fuzzy untuk keluaran penjualan token adalah rendah, sedang, dan tinggi. Pengembangan sistem ini dibuat berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor) dan database MySQL. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan UML (Unified Modeling Language) dalam perancangan program

References

A.S., Rosa dan M. Shalahuddin. “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek”. Bandung: Informatika, 2013.

Agustin, Ami Hilda dkk. “Penerapan Metode Fuzzy Sugeno Untuk Menentukan Harga Jual Sepeda Motor Bekas”. E-Jurnal Matematika (2016) Vol. 5 (4).

Bahroini, Ahmad dkk. “Prediksi Permintaan Produk Mie Instan Dengan Metode Fuzzy Takagi-Sugeno”. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (2016) Vol. 03 No. 02.

Haryanto, Edy Victor dan Fina Nasari. “Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Dalam Memprediksi Tingginya Pemakaian Listrik: Studi Kasus Kelurahan ABC”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (2015).

Kadir, Abdul. “Belajar Database Menggunakan MySQL”. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2008.

Kusumadewi, Sri dan Sri Hartati. “Neuro-Fuzzy: Integrasi Sistem Fuzzy & Jaringan Saraf”. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Mandala, Eka Praja Wiyata. “Web Programming Project 1: e.p.w.m. Forum”. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2015.

Putri, Anggia Dasa dan Effendi. “Fuzzy Logic Untuk Menentukan Lokasi Kuis Terbaik Di Kepri Mall Dengan Menggunakan Metode Sugeno”. Jurnal Edik Informatika (2017) V3.il(49-59).

Rahmaddeni. “Penerapan Fuzzy Logic Dalam Menganalisis Tingkat Pendapatan Akhir Konsultan Produk Multi Level Marketing: Studi Kasus PT. Orindo Alam Ayu Cabang Pekanbaru”. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri (2014) Vol. 11 No. 2.UPI YPTK Jurnal KomTekInfo Vol.5, No. 1, Juni 2018, Hal. 81-95 ISSN :2356-0010 | eISSN :2502-8758 Copyright©2018 by LPPM UPI YPTK Padang

Saleh, Alfa. “Implementasi Metode Fuzzy Mamdani Dalam Memprediksi Tingkat Kebisingan Lalu Lintas”. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia (2015).

Sasmito, Ginanjar Wiro. “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal”. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT) (2017) Vol. 2 No. 1.

Sidik, Betha. “Pemrograman Web Dengan PHP 7”. Bandung: Informatika, 2017.

Downloads

Published

2018-07-26

How to Cite

Kartika, D. ., Sovia, R., & Sandawa, H. M. . (2018). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani untuk Memprediksi Angka Penjualan Token Berdasarkan Persediaan dan Jumlah Permintaan pada PT. PLN (Persero) Padang Berbasis WEB. Jurnal KomtekInfo, 5(1). https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v5i1.8

Issue

Section

Articles